Katy Perry   1 comment

Katy Perry (lahir 25 Oktober 1984 sebagai Katheryn Elizabeth Hudson) adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan aktris Amerika Serikat. Lahir dan dibesarkan di Santa Barbara, California oleh orangtua pendeta Kristen. Sejak kecil Perry hanya mendengarkan musik gospel dan sering menyanyi di gereja setempat. Dia merilis album rohani yang sama seperti namanya pada tahun 2001 sebagai Katy Hudson, namun kurang sukses. Dia kemudian merekam album dengan tim produksi The Matrix dan menyelesaikan sebagian besar album solo 2004-05, yang keduanya tidak satu pun dirilis.

Setelah menandatangani kontrak dengan Capitol Music Group pada tahun 2007, dia mengadopsi nama panggung Katy Perry dan pada bulan November Perry merilis singel pertamanya di internet, “Ur So Gay” yang cukup mendapatkan perhatian publik namun gagal memasuki tangga lagu. Katy menjadi terkenal dengan merilis singel keduanya, “I Kissed a Girl” pada tahun 2008, yang menduduki puncak tangga lagu internasional. Pada tahun yang sama, album pertama Perry One of the Boys menjadi album terlaris ke-33 di seluruh dunia pada tahun 2008. Perry mendapatkan sertifikasi Platinum dari Recording Industry Association of America, sementara “I Kissed a Girl” dan singel keduanya, “Hot n Cold” menerima sertifikasi multi-platinum. Pada tahun keduanya, album Teenage Dream dirilis pada bulan Agustus 2010 dan memulai debutnya di nomor satu Billboard 200. Album ini memasukkan hit singel “California Gurls”, “Teenage Dream”, “Firework”, “E.T.” dan “Last Friday Night (T.G.I.F.)”, yang semuanya telah menduduki puncak tangga lagu di Billboard Hot 100. Dengan “E.T.” yang bertengger di nomor satu tangga lagu pada 12 Mei 2011, Perry menjadi artis pertama dalam sejarah yang melewatkan satu tahun penuh, selama 52 minggu berturut-turut di 10 besar Billboard Hot 100.

Perry berkesempatan menjadi juri tamu di seri ketujuh dari acara televisi Inggris, The X Factor serta merilis sebuah parfum yang disebut “Purr” dan juga sebagai pengisi suara Smurfette dalam film tahun 2011, The Smurfs. Perry memiliki hubungan yang cukup lama dengan Travie McCoy, namun pada akhirnya dia menikah dengan Russell Brand pada 23 Oktober 2010.

Perry memiliki jangkauan vokal kontralto (suara wanita terendah). Karena jangkauan vokalnya yang rendah, dia menurunkan kunci dari banyak lagunya sambil menyanyi secara langsung dalam rangka menyempurnakan suaranya. Pengaruh musik Perry diantaranya adalah Alanis Morissette, pop-rocker Cyndi Lauper,Pat Benatar, Joan Jett, Shirley Manson, dan Freddie Mercury, vokalis dari band Inggris, Queen. Tumbuh dengan mendengarkan musik gospel, Perry memiliki beberapa referensi ketika dia mulai merekam lagu. Ketika ditanya oleh produser ingin berkolaborasi dengan siapa, Perry tidak tahu. Malam itu, dia pergi bersama ibunya ke sebuah hotel. Di dalam, dia menyalakan saluran VH1 dan melihat produser Glen Ballard berbicara tentang Morissette; Ballard yang memproduksi album Morissette, Jagged Little Pill, album yang memiliki “pengaruh besar” di Perry. Dia mengatakan kepada kolaborator awal bahwa dia telah memutuskan untuk bekerja dengan Ballard. Produser mengatur pertemuannya dengan Ballard di Los Angeles. Perry memberinya sebuah lagu dan sehari kemudian Perry dipanggil. Ballard mengembangkan Perry selama beberapa tahun.

Perry menggambarkan musiknya dengan berkata, “Seseorang seperti menulis ini untuk saya di lain hari dan saya telah menggunakannya sejak itu”. Menurutnya, dia telah “banyak berubah antara usia 15 sampai 23” Album pertamanya, Katy Hudson berdiam pada musik gospel.  Dia mengaitkan bahwa perspektifnya di musik “agak tertutup dan sangat ketat” dan semua yang dilakukan berhubungan dengan gereja. Album keduanya, One of the Boys digambarkan sebagai “duniawi” dan “rock,” dan mencerminkan kepergiannya dari akar musik agama. Perry mengharapkan dapat merekam lebih banyak lagu pop untuk album berikutnya.

Perry secara artistik terlibat dalam proyeknya, terutama dalam proses penulisan. Karena dia bisa bermain gitar, dia akan mulai menulis lagu di rumah dan datang ke produsernya. Perry sebagian besar terinspirasi oleh saat-saat tertentu dalam hidupnya. Dia mengatakan mudah baginya untuk menulis lagu tentang patah hati. Sebagian besar tema dalam One of the Boys berkisahkan tentang patah hati, petualangan remaja dan “muntah di toilet”.Ibu Perry dilaporkan mengatakan kepada Tabloid Inggris Daily Mail bahwa dia tidak suka musik putrinya, menyebutnya “memalukan dan menjijikkan”. Perry mengatakan bahwa perkataan ibunya salah dikutip dan memberitahu kepada MTV bahwa itu adalah informasi palsu. Lagu “Ur So Gay” dan “I Kissed a Girl” telah menerima reaksi negatif dari sektor agama maupun homoseksualitas. Lagu-lagu tersebut masing-masing telah dicap sebagai homofobia dan mempromosikan homoseksualitas, serta “eksploitasi lesbian”.Perry menanggapi kontroversi seputar “Ur So Gay”: “ini bukan konotasi negatif, bukan, ‘you’re so gay’ diartikan seperti ‘you’re so lame’ (payah), tapi faktanya adalah laki-laki ini seharusnya sudah gay, yang saya benar-benar mengerti bagaimana itu bisa disalahartikan atau apa pun… itu bukan stereotip orang tertentu, saya berbicara tentang mantan pacar”.

Posted Januari 25, 2012 by hms27010riacs

One response to “Katy Perry

Subscribe to comments with RSS.

  1. Buat menu uas di menu tugas dan jadikan empat menu halaman , nama menu adalah :

    | Mick Hucknall | Gallery Musik | Sejarah | Simply Red |

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: